Selamat Datang di AIRI

TAHAPAN REHABILITASI BAGI PECANDU NARKOBA

Dari tahun 90-an masalah Narkoba sudah menjadi hal serius yang dihadapi oleh bangsa indonesia dan “Indonesia Darurat Narkoba” sudah disampaikan oleh Presiden RI pada tahun 2015 yang ternyata di tahun 2016 ini Indonesia masih dalam kondisi Darurat Narkoba, berbagai upaya dilakukan pemerintah juga putra – putri bangsa untuk bersama-sama memerangi Narkoba dan segera menanggulangi permasalahan penyalahgunaan narkoba.

Salah satu caranya adalah dengan merehabilitasi para pecandu narkoba agar dapat kembali bersih dan pulih dari dampak penyalahgunaan Narkoba.

Berikut adalah informasi mengenai Tahap-tahap rehabilitasi bagi pecandu narkoba :

  1. Tahap rehabilitasi medis (detoksifikasi), tahap ini pecandu diperiksa seluruh kesehatannya baik fisik dan mental oleh dokter terlatih. Dokterlah yang memutuskan apakah pecandu perlu diberikan obat tertentu untuk mengurangi gejala putus zat (sakau) yang ia derita. Pemberian obat tergantung dari jenis narkoba dan berat ringanya gejala putus zat. Dalam hal ini dokter butuh kepekaan, pengalaman, dan keahlian guna memdeteksi gejala kecanduan narkoba tersebut.
  2. Tahap rehabilitasi nonmedis, tahap ini pecandu ikut dalam program rehabilitasi. Di Indonesia sudah di bangun tempat-tempat rehabilitasi, sebagai contoh di bawah BNN adalah tempat rehabilitasi di daerah Lido (Kampus Unitra), Baddoka (Makassar), dan Samarinda. Di tempat rehabilitasi ini, pecandu menjalani berbagai program diantaranya program therapeutic communities (TC), 12 steps (dua belas langkah, pendekatan keagamaan, dan lain-lain.
  3. Tahap bina lanjut (after care), tahap ini pecandu diberikan kegiatan sesuai dengan minat dan bakat untuk mengisi kegiatan sehari-hari, pecandu dapat kembali ke sekolah atau tempat kerja namun tetap berada di bawah pengawasan.

Untuk setiap tahap rehabilitasi diperlukan pengawasan dan evaluasi secara terus menerus terhadap proses pulihan seorang pecandu.

Semoga artikel ini bermanfaat ya

.rehabilitasi

Profile photo of Deika Khusni

Deika Khusni

VIEW ALL POSTS

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *